GUz9GfGlGpCiGUz7TfAlTpz7Td==

Menkominfo Sebut Transisi Kekuasaan Jokowi ke Prabowo-Gibran Berjalan Mulus, TNI-Polri Siap Kawal Ketat!

Presiden Jokowi saat memimpin jalannya sidang kabinet paripurna terakhir. (Foto: BPMI Setpres

Banyuwangi Terkini - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengapresiasi transisi kekuasaan atau pemerintahan dari Presiden Joko Widodo kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sebagai salah satu yang terbaik sepanjang sejarah Republik Indonesia. Menurutnya, transisi ini berjalan mulus dengan dukungan penuh rakyat.

"Ini transisi pemerintahan terbaik, mulus. Rakyat pun mendukung penuh Prabowo-Gibran yang segera akan memerintah sebagai pelanjut Pak Jokowi," ujar Budi Arie usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna Terakhir di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat, 12 September 2024.

Sidang Kabinet Paripurna Terakhir yang digelar di Istana Garuda, IKN, dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) turut hadir, termasuk Prabowo Subianto yang kini menjadi presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan.

Dalam arahan terakhirnya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya penyelesaian program-program utama sebelum berakhirnya masa jabatannya pada 20 Oktober 2024. Salah satu fokus utama Jokowi adalah memastikan transisi yang mulus tanpa mengganggu pelayanan publik.

"Presiden Jokowi memberi instruksi agar seluruh jajaran KIM mendukung penuh program presiden terpilih dan memastikan transisi pemerintahan berjalan efektif agar pelayanan publik tidak terganggu. Begitu juga regulasi yang dibutuhkan untuk mendukung pemerintah baru perlu dirampungkan segera agar pemerintahan baru bisa langsung bekerja melayani rakyat," jelas Budi Arie.

Presiden terpilih Prabowo Subianto telah menyatakan komitmennya untuk melanjutkan berbagai program strategis yang telah dirintis oleh Presiden Joko Widodo, termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan penanganan isu-isu krusial seperti illegal mining, narkoba, dan judi online. Komitmen ini ditekankan dalam Sidang Kabinet Pertama di Istana Garuda pada Agustus 2024 lalu.

"Berbagai arahan yang disampaikan Presiden Jokowi menegaskan adanya transisi yang sangat baik dan mulus antara kepemimpinan beliau menuju kepemimpinan baru yang akan dipimpin oleh presiden terpilih Prabowo Subianto," tambah Budi Arie.

Presiden Jokowi juga telah meminta TNI dan Polri untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama masa transisi, terutama menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih serta pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak. Arahan tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam pengarahan kepada TNI-Polri di IKN sehari sebelumnya.

"Presiden Jokowi menyampaikan di hadapan TNI dan Polri bahwa Indonesia tengah berada di titik penting yakni transisi kepemimpinan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih serta adanya Pilkada. Sehingga peran dan fungsi TNI Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan betul-betul sangat krusial," terang Budi Arie.***

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network