GUz9GfGlGpCiGUz7TfAlTpz7Td==

Ribuan Sambungan Rumah Air Bersih Gratis Dibangun di Banyuwangi, Warga Desa Kini Tak Khawatir Lagi

Pemkab Banyuwangi bangun Sambungan Rumah air bersih gratis untuk warga desa. (Foto: humas/kab/bwi)

Banyuwangi Terkini - Untuk memudahkan warga desa memenuhi kebutuhan air bersih, Pemkab Banyuwangi terus menggenjot pembangunan sambungan rumah (SR) air bersih di seluruh wilayah. Selama tahun 2024, sebanyak 1.027 SR air bersih telah dipasang gratis untuk warga di 10 desa, memberikan akses lebih mudah kepada layanan air minum dan sanitasi yang lebih baik.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyerahkan bantuan SR tersebut secara simbolis kepada perwakilan penerima program dari enam desa di sela kegiatan Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) di Kecamatan Bangorejo, Selasa (10/9/2024). Dari total 1.027 SR, sebanyak 600 SR diserahkan kali ini kepada warga di enam desa, yaitu Desa Sambirejo, Desa Temurejo (Kecamatan Bangorejo), Desa Siliragung, Desa Buluagung, Desa Barurejo (Kecamatan Siliragung), dan Desa Sumbermulyo (Kecamatan Pesanggaran).

“Semoga bantuan ini bermanfaat. Mohon dirawat salurannya, dan airnya dipergunakan seperlunya sesuai kebutuhan sehari-hari,” pesan Bupati Ipuk saat acara penyerahan bantuan SR.

Bupati Ipuk menegaskan komitmen Pemkab Banyuwangi dalam meningkatkan ketersediaan dan akses air bersih di desa-desa melalui program sambungan rumah ini. "Tahun ini, kami mengerjakan 10 desa. Ke depan, kami akan terus meningkatkan jumlah desa yang mendapat bantuan sambungan rumah air bersih," kata Ipuk.

Kepala Dinas Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo, menambahkan bahwa SR ini menggunakan sumur bor dengan kapasitas debit air sebesar 3,2 liter per detik. Untuk mendukung distribusi air, tandon atau reservoir setinggi 6 meter dengan kapasitas 10.200 liter telah dibangun untuk melayani 100 sambungan rumah per tandon.

“SR yang dibangun pada tahun ini didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat dan APBD Banyuwangi. Program ini menjadi solusi jangka panjang untuk memastikan semua warga desa mendapatkan akses air bersih,” ujar Guntur.

Dengan pembangunan sambungan rumah air bersih ini, Pemkab Banyuwangi berharap mampu meningkatkan kualitas hidup warga dengan menyediakan akses mudah ke air bersih yang layak. Program ini tidak hanya menjamin ketersediaan air minum yang aman, tetapi juga mendukung kesehatan dan sanitasi warga.

Ke depannya, Pemkab Banyuwangi berencana memperluas cakupan program sambungan rumah air bersih ke lebih banyak desa, untuk memastikan seluruh warga Banyuwangi dapat menikmati akses air bersih yang mudah dan terjangkau.

Program ini menjadi salah satu langkah nyata Pemkab Banyuwangi dalam membangun infrastruktur dasar yang langsung berdampak pada kesejahteraan masyarakat, sejalan dengan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan warganya melalui akses air bersih dan sanitasi yang layak 

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network