GUz9GfGlGpCiGUz7TfAlTpz7Td==

Teater Melati SMAN 1 Glagah Banyuwangi Sukses Gelar Pentas Tahunan ke-18 Bertajuk "Ruang Liminal"

Penampilan Teater Melati SMAN 1 Glagah dalam Pentas Tahunan. (Foto: Istimewa)

Banyuwangi Terkini – Teater Melati dari SMA Negeri 1 Glagah sukses menyelenggarakan Pentas Tahunan ke-18 dengan tema “Ruang Liminal: Tidak Ada Kebenaran, Tiada Kesalahan.” Acara ini digelar di Lapangan Tengah SMAN 1 Glagah, pada Sabtu (19/10/2024) dan dihadiri oleh para pegiat teater dari berbagai sekolah dan lembaga di Banyuwangi, serta sejumlah alumni.

Jihan Miftahul Aulia, Ketua Umum Teater Melati dari kelas XII IPA 4, mengungkapkan bahwa pentas tahunan ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai ajang apresiasi atas hasil latihan dan karya yang dipersembahkan oleh anggota Teater Melati. 

“Makna tema ‘Ruang Liminal’ adalah ruang transisi, sebuah konsep kebimbangan antara apa yang sudah terjadi dan yang belum terjadi,” jelas Jihan pada Senin (21/10).

Dalam pentas ini, ratusan penonton yang hadir disuguhi empat penampilan utama. Pertama, film pendek berjudul "Look Around You" yang mengangkat isu kesehatan mental, topik yang sering kali masih dianggap tabu. 

Penampilan salah satu anggota Teater Melati SMAN 1 Glagah. (Foto: Istimewa)

Kedua, sebuah monolog "Sebentar Lagi Saya Dieksekusi", yang menantang audiens untuk merenungi bagaimana seseorang menghabiskan waktu jika tahu bahwa kematian segera menjemputnya. 

Ketiga, drama berjudul "Ayahku Pulang", yang bercerita tentang kedatangan kembali seorang kepala keluarga yang telah lama meninggalkan keluarganya dalam kerinduan dan kesengsaraan. 

Terakhir, operet "SingKe" yang menghadirkan kisah cinta tak terduga antara anak seorang saudagar kaya dan penjaga kuburan.

Pentas kali ini juga spesial karena kehadiran berbagai tamu undangan, diantaranya Dewan Kesenian Blambangan Divisi Teater dan perwakilan teater dari sekolah-sekolah lain seperti Teater Pring Kuning dari SMP Negeri 1 Banyuwangi, Teater Kusuma dari SMK Negeri 1 Banyuwangi, dan berbagai kelompok teater lainnya. Para alumni Teater Melati pun turut hadir untuk memberikan dukungan.

Penampilan Teater Melati SMAN 1 Glagah dalam Pentas Tahunan ke-18. (Foto: Istimewa)

Lebih lanjut, Jihan menambahkan, pentas tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena persiapan yang lebih matang, baik dari segi penampilan maupun kepanitiaan. 

“Tahun ini, kami juga menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi lain, seperti OSIS Ganesha, Remaja Masjid Al-Hurriyah, PMR Wira, dan Jurnalistik untuk membantu acara ini,” jelasnya.

Pembina Teater Melati, Ibu Siti Rohmatin Nazilah, M.Pd, berharap acara pentas tahunan ini dapat memotivasi siswa untuk terus berkarya dan berkembang. 

“Semoga Teater Melati semakin dikenal oleh masyarakat luas dan memberikan pemahaman lebih mendalam tentang dunia teater,” ujarnya.

Pentas tahunan Teater Melati ke-18 ini tidak hanya menjadi ajang pembuktian kreativitas anggota teater, tetapi juga sebagai wadah kolaborasi dan apresiasi atas dedikasi mereka dalam seni peran.***

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network